ARTIKEL TERBARU

5 Cara Mempercepat Kinerja Android

Punya masalah tentang kinerja android ? hari demi hari semakin lelet? lelet dikarenakan penggunaaan data atau aplikasi yang semakin hari semakin bertambah. Android lelet bukan karena kemakan oleh jaman, itu karena pemakaian tidak teratur, gunakan 5 cara rifka untuk mengatasi android sobat yang lelet.

1. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

1. Menghapus Aplikasi

Pasti Sobat tau apa yang Rifka maksud kan? Kita semua mendownload aplikasi atas kemauan diri kita sendiri atau ingin mencoba aplikasi terbaru yang sedang populer, Sampai Sobat pasti lupa telah menginstall aplikasi kedalam android, Lama kelamaan, aplikasi yang terlalu menumpuk akan memakan banyak CPU pada android Sobat, yang membuat android menjadi lamban.

Untuk cara menghapus aplikasi yang tidak digunakan, Sobat bisa masuk ke menu Setting pada Android. Disana Sobat akan menemukan App manajer atau Manajer Aplikasi, Disana sangat banyak aplikasi mulai dari system ataupun hasil dari download Sobat.

Setelah terbuka pilih tab menu 'DOWNLOADED' dan menelusuri daftar aplikasi yang telah terinstall pada perangkat android Sobat, Sobat dapat menyortir aplikasi yang tidak digunakan untuk melenyapkan atau menghapus pada android Sobat. Jika sudah memilih aplikasi Tekan 'UNINSTALL' atau 'COPOT PEMASANGAN' 

Jadi ketika aplikasi sudah tidak digunakan lebih baik dihapus atau dibuang, dari pada menumpuk di perangkat dan mengambil sebagian CPU pada android Sobat yang menyebabkan terjadinya lamban pada kinerja android Sobat.

2. Membersihkan File Di Penyimpanan Perangkat

2. Storage

Penggunaan android yang cukup lama akan menimbun banyak file sampah, untuk membersihkannya banyak orang menggunakan aplikasi pembersih dan aplikasi anti virus, apalagi setelah kegiatan screenshot, jika sudah tidak digunakan sebaiknya dihapus.

Untuk menghapus gambar yang tidak digunakan lagi, Sobat cukup masuk kedalam aplikasi Gallery yang telah disediakan pada system aplikasi, dan memilih gambar untuk dihapus, karena gambar yang menumpuk akan memperlamban kinerja pada android, kenapa ? semakin banyak gambar yang diload maka semakin lamban ponsel android Sobat bekerja, Sama seperti Video, jika tidak digunakan atau tidak terpakai sebaiknya dihapus, dari pada menyimpan disitu dan tidak digunakan lebih baik dihapus, untuk mengurangi beban pada CPU android Sobat.

Untuk perangkat android yang sudah diroot Sobat dapat menghapus beberapa file system yang tidak terpakai.

Selanjutnya masuk ke Downloads, disitu banyak file yang tidak digunakan, setelah kita mendownload biasanya file atau aplikasi yang didownload tidak lagi digunakan, coba cek dan hapus file tersebut.

3. Clear Cache Data Android

3. Clear Cache

Clear Cache Data adalah pilihan yang bagus untuk mempercepat kinerja pada android. Kenapa ? Karena pada aplikasi yang baru dibuka, mereka akan menghasilkan data aplikasi yang menyebabkan kinerja android melemah, Sebaiknya clear cache, tetapi, ada efek sampingnya juga, jika Sobat menghapus data aplikasi tersebut, maka Sobat harus mengulang aplikasi dari awal, karena data yang telah dihapus tidak dapat diload kembali oleh aplikasinya.

Kadang - kadang data cache dapat menyebabkan aplikasi berperilaku buruk, tidak hanya memakan ruang, dengan mengclear cache data melalui storage atau penyimpanan, Sobat tidak perlu menyortir aplikasi yang ingin diclear cache, disini hanya satu klik, Semua aplikasi langsung di Clear Cache tanpa adanya halangan hehe.

Gimana caranya ? Masuk ke pengaturan pada perangkat android Sobat, Lalu pilih 'Storage' Atau 'Penyimpanan' Geser kebawah dan Sobat akan mendapatkan Tulisan Cache Data, Tap pada Menu tersebut jika keluar Notice, Clear Cache data? lalu pilih OK

4. Perhatikan SDCARD Sobat

4. Cek SDCARD

Tidak semua perangkat android memiliki SDCARD, ada beberapa yang tidak include untuk menambahkan penyimpanan external untuk kebutuhan lain. Tapi banyak dari perangkat android memiliki SDCARD untuk membackup atau memasukan data Yang kita mau.

Apa yang kita lakukan dengan SDCARD ini ? dengan cara melihat SDCARD masih baik atau sudah rusak, karena Jika SDCARD rusak, kemungkinan perangkat android akan membaca secara lamban dan menyebabkan perangkat android menjadi lamban.

Matikan android Sobat, Cabut kartu SDCARD, dengan membutuhkan komputer Sobat akan memformat data pada SDCARD Sobat, tapi jangan khawatir akan data yang hilang, Backup kedalam Komputer agar tidak hilang, Sobat dapat menggunakan CardReader untuk memformat SDCARD android Sobat.

Dengan SDCARD yang masih segar, Android dapat dengan mudah membaca SDCARD tanpa harus memerlukan CPU yang tinggi.

5. Jika Cara Semua Tidak Berhasil, Factory Reset Android Sobat

5. Factory Reset

Percayalah, Rifka sangat membenci Factory Reset, Kenapa ? Karena Data pada penyimpanan Internal akan hilang, Semua akan kembali seperti dari pabrik. Tetapi jangan khawatir, dibalik semua itu ada peran aktifnya.

Setelah Sobat Melakukan Factory Reset, Sobat akan mendapatkan hasil performa android seperti pertama kali membeli perangkat android Sobat.

Mungkin hanya itu yang dapat rifka kasih untuk mempercepat android, Tinggalkan komentar yah. Hehe

Berlangganan via email

Suka dengan artikel di atas? Biar selalu update, yuk berlangganan biar terus update.

2 Responses to "5 Cara Mempercepat Kinerja Android"

Back To Top