Pengertian eMMC (embedded Multi-Media Controller)

Penjelasan atau Pengertian dari eMMC pada android - Pernah mendengan eMMC rusak ? sering kali kita mendengar penjelasan dari pihak service handphone tentang eMMC yang dibilang rusak/lemah, apakah kalian sudah tau apa itu eMMC ? mari kita kulas dan ketahui apa sih eMMC itu ? dan gimana sih cara mengetahui eMMC yang rusak ?
Pengertian dari eMMC pada android

Penjelasan Simple :
Kartu Media Tertanam atau Bisa disebut Internal Memory
Sudah paham atau belum ?, jadi eMMC adalah internal memory yang terdapat didalam hardware elektronik tersebut. Kalo yang gak tau internal  memory itu, intinya penyimpanan yang ada didalam system, kalo penyimpanan yang kalian tambahin itu namanya SDCARD, sudah paham kan ? oke selanjutnya kita definisikan dan penjelasan lengkapnya ada dibawah.

Penjelasan Lengkap :
eMMC atau embedded Multi-Media Controller atau dalam bahasa indonesianya kartu media tertanam,  adalah perangkat penyimpanan kecil yang terdiri dari memori flash NAND dan pengontrol penyimpanan sederhana. Standar eMMC untuk aplikasi memori flash tertanam dikembangkan pada tahun 2006 oleh JEDEC (Joint Electron Device Engineering Council) dan MultiMediaCard Association.

Teknologi eMMC itu sendiri, digunakan untuk perangkat telephone, tablet, kamera dll, Kedua memori flash dan controller terdapat pada satu integrated circuit (IC) yang tertanam secara permanen ke dalam perangkat. 

eMMC bertindak sebagai penyimpanan utama untuk perangkat portabel seperti ponsel atau tablet, yang dapat menambah penyimpanan dengan kartu Secure Digital removable atau kartu multimedia microSD. Ini adalah satu-satunya penyimpanan untuk sensor yang sangat kecil yang terhubung ke Internet of Things (IoT). Spesifikasi eMMC terbaru (versi 5.1) memiliki kecepatan transfer hingga 400 megabyte per detik (MBps), yang sebanding koneksi SATA pada komputer.

Kapasitas eMMC terbesar yang tersedia adalah 128 gigabyte (GB); Itu dibuat oleh Samsung dan digunakan di komputer notebook yang ringan. Hebat bukan ?, Selain itu, eMMC juga saat ini sudah mulai digunakan di industri otomotif, sebagai media navigasi jalan.

Sudah paham dan jelas ? selanjutnya kita bahas cara mengetahui eMMC rusak/lemah.

Saya akan memberikan 2 metode cara mengecek eMMC rusak/lemah.

Menggunakan Applikasi eMMC Brickbug Check
  1. Download dan install aplikasi diatas.
  2. Buka aplikasi, dan berikan akses root pada aplikasi tersebut.
  3. Dalam aplikasi, pilih Check Memory.
  4. Tunggu hingga muncul seperti gambar dibawah ini.
    eMMC Brickbug Check

Menggunakan SPFLASHTOOLS :
  1. Download SPFLASHTOOLS.
  2. Extrack dan buka spflashtools.exe dengan cara run as administrator.
  3. pilih tab Memory Test.
  4. Ceklis pada eMMC test lalu klik Start.
    SPFlashtools eMMC Test
Begitulah penjelasan lengkap eMMC, semoga dapat dipahami dan mudah dimengerti untuk kalian semua, jika berkenan silahkan bagikan postingan ini melalui tombol share yang ada dibawah ini. terimakasih semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Suka dengan artikel di atas? Biar selalu update, yuk berlangganan biar terus update.

KLIK (x) Untuk Menutup

Welcome

On RifkaDroid

!Do With You Own Risk!

×
Back To Top