Cara Menjadikan Android Sebagai WebCam pada Komputer

Biasanya webcam dilakukan menggunakan kamera eksternal yang disambungkan dengan komputer atau laptop agar melakukan video call atau melakukan siaran langsung lebih detail menggunakan kamera tapi, apakah kalian tau hape android kalian juga bisa dijadikan sebagai webcam ? sebagai youtuber atau gamers pada youtube, pastinya cara ini sangat bermanfaat untuk kalian yang ingin menampilkan wajah pada videonya, rifka kali ini mendapatkan aplikasi yang cukup bermanfaat untuk melakukan webcam tanpa kamera eksternal, hanya membutuhkan android saja, murah meriah dan gak bikin ribet yah. Dilain sisi, android sekarang semua kameranya sudah pada canggih semua yah, bahkan sudah bisa dibilang mirip DSLR atau kamera pocket, nah aplikasi ini bernama DroidCam.

Cara yang rifka berikan ini sangat mudah digunakan loh, kita hanya perlu menginstall sebuah aplikasi bernama droidcam tadi. Untuk menghubungkan android handphone dengan komputer atau laptop pada aplikasi ini memberikan 3 cara, yang pertama ada menghubungkan via WiFi, menghubungkan via Kabel data atau USB, dan yang terakhir menggunakan Wifi Server.
Nah selanjutnya kalian bisa memilih cara yang menurut anda lebih mudah digunakan, Rifka beri contoh menghubungkan via Wifi yah, mari simak bahan dan bagaimana caranya menjadikan hp android sebagai webcam pada komputer atau laptop.

Bahan :
  • Aplikasi DroidCam untuk Android. (DISINI)
  • Aplikasi DroidCam Client untuk Komputer/Laptop. (DISINI)
  • Kabel data jika kalian melakukan cara ini menggunakan kabel data.
  1. Selanjutnya kalian install aplikasi DroidCam pada android kalian, Dan buka Aplikasinya.
    Menjadikan Android Sebagai WebCam pada Komputer Atau Laptop
  2. Nah, jangan lupa, buka juga aplikasi DroidCam Client pada komputer/laptop.
    Menjadikan Android Sebagai WebCam pada Komputer Atau Laptop
  3. Pilih gambar WiFi untuk menghubungkan via Wifi.
  4. Pada aplikasi DroidCam client isi kolom Device IP dan DroidCam Port sesuai aplikasi DroidCam pada android yah. (Device IP ini merupakan IP yang didapatkan android dengan terkoneksi WiFi)
  5. Nah kalo sudah klik Start pada Aplikasi DroidCam Client komputer.
  6. Selesai, hasilnya akan sama seperti pada gambar dibawah ini loh.
    Menjadikan Android Sebagai WebCam pada Komputer Atau Laptop

Nah, sampe sini android kalian sudah bisa melakukan webcam seperti kamera eksternal webcam beneran kan ? intinya demi mengurangi budget yang banyak menjadi sedikit, sampe sini kalian boleh melakukan siaran langsung dengan bertatap-tatapan muka dengan orang2, atau membuat konten youtube dengan tampilan muda yang ditangkap menggunakan hp android, hehe semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua yah, jangan lupa share keteman-teman kalian jika postingan ini bermanfaat.

Berlangganan via email

Suka dengan artikel di atas? Biar selalu update, yuk berlangganan biar terus update.

0 Response to "Cara Menjadikan Android Sebagai WebCam pada Komputer"

Post a Comment

KLIK (x) Untuk Menutup

Welcome

On RifkaDroid

!Do With You Own Risk!

×
Back To Top